Menghafal Dengan Cepat???




Hai semua.....
Kalian anQ IPS kadang - kadang susah kan menghafal pelajaran? Apalagi bukan 1 mata pelajaran, melainkan 14 Mata Pelajaran ( Kurang lebih ^^ ). Nah Kali ini saya akan memberitahu kalian semua, bagaimana cara menghafal yang cepat...
Ini bukan cuma buat anQ IPS duanx koq...
AnQ IPA atau anQ yang ambil jurusan SMK juga boleh mengikuti tips - tips ini...


* Sebelum nya ketika kita menghafal, kita hanya melihat nya secara Linear saja bukan??? Sehingga hanya otak bagian kiri kita saja yang bekerja. Kita tahu bahwa Otak dibagi menjadi otak bagian kanan dan bagian kiri.
1. Otak bagian kiri itu berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis & membaca, serta merupakan pusat matematika. Bagian otak ini merupakan pengendali / intelligent quotient (IQ). Daya ingat otak ini hanya bersifat jangka pendek
, sehingga apa yang sudah kita hafal mudah sekali untuk hilang.
2. Otak bagian kanan itu berhubungan dengan sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, dan melukis. Otak ini berfungsi untuk emotional quotient (EQ). Daya otak ini bersifat jangka panjang loh, sehingga apa yang sudah kita hafal sulit untuk hilang.



* Jadi kita harus, kudu, mesti melatih otak bagian kanan kita agar seimbang dengan otak kiri kita. Biasa nya kan kita menghafal hanya dengan menggunakan otak bagian kiri saja kan? Nah ubah cara itu. Gunakan seluruh bagian otak kita agar kita bisa menghafal dengan mudah. 


* Kalian udah gak sabar kan??? Ok Let's we see
Here We Go


1. Memindahkan kata - kata yang ada di dalam buku ke dalam sebuah MIND MAP
Pasti kalian semua bertanya - tanya, Apa sih itu Mind Map? biar saya jawab ^_^
Mind map itu adalah sebuah diagram yang digunakan untuk mewakili kata, ide, tugas, atau ide. Biasa nya di buat dalam bentuk Cabang - cabang pohon. Dengan membuat mind map kita bisa lebih cepat menghafal karena dalam mind map kita bisa berkreatif dengan menambah warna dan gambar ( baik untuk otak bagian kanan ) 


2. Mengafal dengan cara membuat kata - kata di dalam buku menjadi sebuah cerita
Hah? Cerita? Gimana itu cara nya? Pernah baca komik kan? Nah kita pasti lebih senang membaca komik daripada buku pelajaran. Kenapa? karena lucu dan bergambar pula ^__^
Nah kita bisa berimajinasi dengan membuat kalimat yang ada di buku menjadi sebuah cerita. Kalau bisa cerita yang lucu dan menarik


3. Menghafal dengan cara membuat kata - kata yang ada di dalam buku menjadi sebuah lagu
Cara ini di ajarkan oleh guru saya ( Pak Harsono ) dulu pada waktu kelas 3 sd atau 4 sd ( saya lupa ) ternyata dalam waktu 5 menit saya sudah bisa menghafal 1 bab. Gila gak tuh? Cara ini efektif banget

4. Panca Indera.
Di dalam membaca keterampilan memperhatikan perlu kita pelajari, karena akan sulit mengingat sesuatu apabila kita tidak memperhatikan dari awal. Dengan menggunakan kombinasi penglihatan (mata), bunyi (telinga), gerak (tangan dan kaki), bau (hidung), dan rasa (lidah), akan menciptakan memori terkuat.

5. Membuat Kesan.
Cara supaya sesuatu dapat diingat membuat menjadi lebih berkesan, buat kesan objek yang akan kita ingat secara imajinatif dan berlebih-lebihan.

6. Mainkan Emosi.
Untuk memainkan emosi dengan membuat kesan yang bermuatan cinta, kebahagiaan, dan kesedihan mudah untuk diingat. Dengan menggunakan kesan dari perasaan hangat, perasaan yang membuat jantung kita berdegup kencang dan memancarkan kebahagiaan, akan membantu memori kita.

7. Repitisi.
Usahakan selalu berkonsentrasi secara penuh pada materi yang sedang dipelajari dan mengulangnya dengan cara yang berbeda dan kreatif seperti mengucapkannya keras-keras dan lebih baik bila dibuat peta pikiran.

* Nah itu dia tips - tips saya, semoga bermanfaat ya ^__^
diambil dari....

 http://www.searchingresult.com/?pid=9POLWR59T&dn=free-blog-content.com&rpid=9POO358K6
Previous
Next Post »