Tips Menumbuhkan Jiwa Wirausaha

tips menumbuhkan jiwa wirausaha, menumbuhkan jiwa wirausaha, entrepreneurship, pengusaha sukses, jiwa wirausaha, membangun bisnis

Menjadi seorang wirausahawan atau pebisnis merupakan salah satu langkah tercepat mencapai sukses dan menjadi kaya. Hampir setiap orang ingin menjadi wirausahawan atau entrepreneur sukses, namun hanya segelintir orang yang serius untuk “take action” dan mewujudkan impiannya menjadi pengusaha sukses. 

Resiko dan perencanaan yang terlalu lama seringkali menjadi penghambat seseorang untuk maju dan menjalankan perusahaannya. Untuk membangun bisnis dan menjadi pengusaha sukses, sebagai langkah awal seseorang harus menumbuhkan jiwa wirausaha dan terjun langsung membangun bisnisnya. Berikut tips menumbuhkan jiwa wirausaha yang harus Anda tumbuhkan untuk mencapai sukses dalam bisnis. 

1. Niat dan tekad yang kuat untuk berwirausaha. Jadikan niat dan tekad untuk berwirausaha sebagai pondasi Anda membangun bisnis. Modal utama untuk berwirausaha adalah tekad dan niat yang kuat seperti telah dibuktikan banyak pengusaha-pengusaha sukses yang memulai bisnisnya dari nol. Jika Anda sudah berniat untuk berbisnis, langkah selanjutnya adalah tumbuhkan tekad Anda untuk membangun bisnis Anda menjadi nyata dan meraih sukses. 

2. Miliki ide bisnis. Salah satu modal utama selain tekad dan niat yang kuat adalah ide bisnis yang menarik. Tidak perlu jauh-jauh mencari ide bisnis. Mulailah dari minat dan hobi Anda sehari-hari sehingga bisnis yang akan Anda jalankan menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan bagi diri Anda.

3. Pelajari kisah sukses orang lain. Ada banyak kisah pengusaha sukses yang membangun kerajaan bisnisnya dari nol, dengan perjuangan yang berat, jatuh bangun dan akhirnya mencapai kesuksesan yang besar. Kisah sukses seseorang dalam berbisnis dapat menumbuhkan motivasi Anda untuk melakukan hal serupa dan menghindarkan diri Anda dari ketakutan dan resiko yang akan dihadapi. Motivasi yang tinggi untuk berbisnis secara bertahap akan menumbuhkan jiwa wirausaha dalam diri Anda. 

4. Keyakinan dan optimisme. Seorang enterpreneur sejati memiliki keyakinan dan optimisme dalam menjalankan usahanya. Untuk itu bagi Anda yang akan terjun kedalam entrepreneurship seharusnya memiliki dua sikap diatas agar tetap survive dan konsisten menjalankan usaha. 

5. Fokus dalam berwirausaha. Banyak halangan dan rintangan yang akan dihadapi dalam memulai sebuah usaha. Oleh sebab itu sikap fokus yang dibarengi keyakinan dan optimisme mutlak harus dimiliki oleh seorang wirausahawan agar tidak menyerah dan berhenti ditengah jalan. 

6. Belajar berwirausaha. Saat ini banyak metode dan pelatihan yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha, baik pendidikan formal maupun non-formal, seminar-seminar, pelatihan dan kuliah kewirausahaan yang sangat bermanfaat untuk membentuk mental dan semangat entrepreneurship seseorang. Anda dapat memilih salah satu satu dari metode diatas dan mempelajari banyak hal tentang kewirausahaan dari manajerial, pemasaran hingga produksi sehingga dengan pengetahuan dan ilmu yang lebih baik, proses wirausaha yang Anda mulai dapat berjalan lebih optimal. 

7. Lakukan sekarang juga. Banyak orang menunda dan beralasan untuk tidak memulai bisnisnya, sehingga impiannya untuk memiliki usaha atau bisnis hanya jalan di tempat tanpa tindakan untuk mewujudkannya. Seorang calon pengusaha sukses harus memiliki keberanian untuk “take action” dan menghilangkan ketakutan-ketakutannya dan langsung terjun ke dalam bisnis yang direncanakannya. Jika Anda telah memulai dan menjalankan bisnis dengan konsisten, dengan sendirinya mental dan jiwa wirausaha akan terbentuk. Banyak orang terhenti pada fase perencanaan dan ide bisnis saja, tanpa melakukan tindakan apapun. Banyak juga orang yang memiliki impian-impian besar namun hanya sebatas impian yang tidak pernah terwujud karena tidak melakukan hal apapun. Hal paling penting dalam wirausaha dan menumbuhkan jiwa wirausaha adalah tindakan nyata untuk terjun langsung berbisnis. Semoga sukses!

-
Sumber Artikel : http://www.rumahtips.com/
Previous
Next Post »